Jumat, 14 November 2014

Manfaat Ikan Gabus

Manfaat IKan Gabus

Manfaat dan kandungan ikan gabus. Ikan gabus biasa ditemukan di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air sampai ke sawah-sawah. Ikan ini memakan beragam serangga dan ikan kecil-kecil, berbagai hewan air lain seperti berudu dan kodok.
Seringkali ikan gabus ke parit-parit karna terbawa banjir di sekitar rumah, atau masuk ke kolam-kolam tambak ikan dan menjadi pemangsa ikan-ikan tambak di sana. Jika sawah, tambak atau parit mengering, ikan ini akan berusaha pindah ke tempat lain, atau bila tidak ada cara lain,ikan ini akan masuk ke dalam lumpur sampai tempat tersebut terisi air. Karna sebab itu ikan ini seringkali ditemukan ‘berjalan’ di tanah, terlebih khusus di malam hari di musim panas atau kemarau, mencari tempat lain yang masih berair. Keunikan ini adalah karena gabus memiliki perrnapasan langsung dari udara, dengan menggunakan organ labirin (sama persis pada ikan lele atau betok) namun lebih sederhana.
Pada musim kawin, ikan laki dan perempuan bekerjasama mempersiapkan sarang di antara tumbuhan hampir tepi air. Anak-anak ikan akan memiliki warna jingga merah bergaris hitam, berenang dalam satu komplotan yang bergerak bersama-sama kian kemari untuk mencari makanan. Komplotan muda ini dijagai oleh kedua induknya.
Manfaat Ikan Gabus, Ikan Gabus, Abon Ikan Gabus, Oleh Oleh Khas Banjarmasin, kuliner banjarmasin
Manfaat Ikan Gabus
Manfaat Ikan Gabus
Manfaat Ikan Gabus
Ikan gabus banyak mengandung albumin, jenis protein yang mempercepat penyembuhan setelah operasi dan melahirkan. Zat ini juga sangat berperan dalam pertumbuhan anak dan bisa digunakan sebagai penambah berat badan
Keluar dari rumah sakit setelah operasi, seperti sehabis melahirkan, merupakan waktu yang cukup darurat karena pasien harus berjuang untuk kesembuhannya. Kita sering mendengar larangan memakan makanan tertentu. Informasi seperti itu kadang masuk akal, tetapi sering membuat pusing karena bertolak belakang satu sama lain.
sebenarnya tidak ada larangan makan bagi pasien setelah operasi, kecuali bila menderita suatu alergi atau mendapat larangan khusus dari dokter. Setelah menjalani operasi usus contohnya, tentu kita tidak boleh mengonsumsi makanan yang susah dicerna. Sebaliknya, setelah operasi persalinan, makan yang banyak merupakan ide untuk mempercepat proses penyembuhan, terutama makanan banyak vitamin, protein, dan mineral.
Zat gizi diperlukan untuk membantu tubuh dalm proses penyembuhan setelah operasi, yaitu memperbaiki sel dan jaringan. Zat gizi berkualitas juga digunakan untuk memperkuat imunitas (sistem kekebalan) tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
Salah satu bahan makanan yang sangat disarankan untuk dimakan setelah operasi adalah ikan gabus. Ikan gabus sering ditemukan di pasar , kebanyakan berbentuk kering asin. sebab itu, ikan gabus lebih terkenal sebagai ikan asin atau abon ikan gabus yang bergengsi.
Dilihat dari kandungan gizinya, ikan gabus tidak kalah dari ikan air tawar lain yang cukup populer, seperti ikan bandeng dan ikan mas. ikan lain, kelebihan ikan gabus adalah kandungan proteinnya yang sangat tinggi. kandungan protein per 100 gram ikan gabus sama dengan ikan bandeng, akan tetapi ikan ini lebih tinggi dari ikan lele maupun ikan mas yang sering kita konsumsi.
Kandungan protein ikan gabus juga lebih tinggi daripada bahan makanan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti daging ayam, telur, maupun daging sapi. daging ayam 18,2 gram Kadar protein per 100 gram telur 12,8 gram;; dan daging sapi 18,8 gram. Nilai protein ikan juga begitu baik, yaitu mencapai lebih dari 90 persen.
Selain itu, protein kolagen ikan gabus juga lebih rendah dibandingkan dengan daging pembiakan, yaitu antara 3-5 persen dari jumlah protein. Hal demikian yang menyebabkan bentuk daging ikan gabus lebih empuk daripada daging ayam ataupun daging sapi.
Rendahnya kolagen menyebabkan daging ikan gabus menjadi lebih mudah dimakan bayi, kelompok lanjut usia, dan juga orang yang baru sehat dari sakit. Bayi memerlukan makanan protein tinggi, tetapi belum memiliki aliran pencernaan yang bagus.
Keunggulan protein ikan gabus lainnya adalah kaya akan albumin, jenis protein terbanyak (60 persen) di dalam plasma darah setiap manusia. keunggulan albumin di dalam tubuh sangat penting, yaitu membantu tubuh dalam jaringan sel baru.
Tanpa albumin; sel-sel di dalam tubuh akan susah melakukan evolusi, sehingga cepat memati dan tidak bertambah. Albumin inilah yang juga penting dalam proses penyembuhan luka.
Di dalam ilmu kedokteran, albumin biasa dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan jaringan
Demikian berita yang telah kami persiapkan buat teman-teman jika anda tidak tahu tentang abon ikan gabus, anda bisa memesan ketempat kami yaitu ABON IKAN GABUS yang telah di masak dengan cara yang tidak kalah modern dengan sekarang,
Yang teman lakukan sangat lah mudah, kalian hanya menggunakan HandPhone kemudian SMS ke nomor ini 082352645458 kemudia dengan format pesan abon ikan gabus 5 bungkus, husin. Terus lakukan pembayaran dan anda hanya menunggu santai di depan computer anda pesanan akan sampai
CARA PEMESANAN
NAMA PRODUK, ITEM, NAMA
Contoh : Abon Ikan Gabus, 5 Bungkus, Husin
SMS KE 082352645458
Tunggu balasan sms dari kami
REKENING BRI : 0663 01 001136 53 1 a.n. MIRZA FAQIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar